Prosesi Pernikahan Adat Kalimantan Selatan

Suatu kehidupan yang paling menarik dan tak pernah terlupakan bagi individu masyarakat adalah aara “pernikahan”. Oleh sebab itu pernikahan tersebut selalu ditandai oleh sifatnya yang khas dan unik yang merupakan suatu tata tradisional bagi setiap suku.

Dalam peristiwa itu selalu terjalin dengan harmonis ketentuan menurut agama dan adat istiadat sebagai lembaga tak tertulis yang dipatuhi tanpa pertentangan-pertentangan antara satu dengan yang lainnya dalam strata masyarakat adat. Suku banjar sebagai salah satu suku bangasa Indonesia di Kalimantan Selatan yang juga mempunyai acara adat istiadat tentang pernikahan itu, meskipun keadatan tersebut telah mengalami perubahan-perubahan secara evolusi.

Adat istiadat yang menurut kurun waktunnya sangt menonjol adalah pada abad ke-18, suatu gambaran yang dinilai secara fisik maupun psikis adalah pembaruan antara peninggalan zaman Hindu, Islam dan pengaruh asing lainnya. Secara kronologis, maka salah satu peristiwa pernikahan menurut adat suku Banjar dapat diuraikan sebagai berikut :

Basauluh

            Bila seseorang telah sampai saat ingin kawin lazimnya oleh keluargannya yang terdekat diadakanlah apa yang yg dinamakan “Basuluh”. Yakni ingin mendapat keterangan tentang calon istri yang diinginkan setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga yang ersangkutan. Beberapa hal yang ingin diketahui diantarannya :

  1. Tentang Agamannya
  2. Tentang Keturunannya
  3. Tentang Kemampuan Rumah Tangganya
  4. Tentang Kecantikan Wajahnya

Dari empat hal tersebut diatas yang menjadi titik tumpu perhatian itu adalah pada dua hal yaitu agama dan keturunnya. Sebaliknya bagi keluarga calon istri selain hal diatas, akan diperhatikan pula apakah lapangan pekerjaan calon suaminnya tersebut. Hal itu sangat penting karena akan turut menentukan nilai rumah tangga mereka kelak.

Dalam kurun waktu yang panjang, adat istiadat atau tradisi pernikahan adat banjar ini mengalami beberapa perubahan baik tentang acarannya, buasana atau sarana perlengkapan lainnya, sepanjang tidak menggeser keaslian tradisionalnya. Upaya-upaya para budayawan, perias pengantin banjar, dan penataan busana pengantin memang telah mengambil langkah-langkah untuk menetapkan suatu standar yang baku. Hal ini sangat penting agar ciri khas pernikahan adat banjar tersebut dapat dipelihara secara lestari.

Lintaswedding.com – Portal Berita , Informasi dan vendor Wedding di Indoneisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.