Resepsi Pernikahan Merupakan Salah Satu Sunah Rasul Lho..

Secara kebahasaan, nikah bermakna “berkumpul”. Sedangkan menurut istilah syari’at, definisi nikah menurut Syekh Zakaria Al-Anshari dalam kitab Fathul Wahab yaitu “Kitab Nikah. Nikah secara bahasa bermakna ‘berkumpul’ atau ‘bersetubuh’, dan secara syara’ bermakna akad yang menyimpan makna diperbolehkannya bersetubuh dengan menggunakan lafadz nikah atau sejenisnya’

Soal pernikahan, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada umat Islam untuk menggelar resepsi atau walimatul ursy. Acara ini adalah pesta mengumumkan sekaligus merayakan sebuah pernikahan. Pelaksanaannya yaitu usai akad nikah, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Bisa dilangsungkan begitu selesai akad nikah atau beberapa hari sesudahnya.

Para ulama sepakat menghukumi resepsi pernikahan sebagai amalan sunnah muakad. Dasarnya adalah hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas Bin Malik RA.

“Rasulullah SAW belum pernah mengadakan walimah untuk istri-istrinya, seperti beliau mengadakan walimah untuk Zainab, beliau mengadakan walimah untuknya dengan seekor kambing”

Dalam hadist lain riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya untuk pesta perkawinan harus ada walimahnya”

Dua Hadist diatas menunjukan resepsi nikah merupakan bagian dari sunnah Rasul. Tetapi, pelaksanaannya sangat dianjurkan semampunya. Islam tidak menekankan resepsi dijalankan secara mewah. Bahkan resepsi dibolehkan untuk tidak dilaksanakan.

Sehingga, pengantin dan keluargannya tidak perlu repot jika memang kondisinnya tidak memungkinkan menggelar resepsi. Cukup semampunnya, jangan bermewah-mewahan, apalagi sampai dengan berutang. Untuk tamu, pengantin dianjurkan mengundang tetangga, terutama yang dekat dari rumah tinggal.

Sebelum acara tersebut selesai atau bubar, hendaknya semua yang hadir di acara walimatul ursy tersebut mendoakan kepada kedua mempelai dengan berdoa, “Barokallahu laka wabarroka’alaika wajama’a baynakuma fii khair,” (Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan kepada apa-apa yang diberikan-Nya kepadamu, serta semoga Allah menghimpun kalian berdua di dalam kebaikan)

Terima Kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini dan telah mengunjungi website kami. Kami berharap, anda terus mengunjungi website kami dan membaca artikel-artikel lainya dari kami untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi seputar Wedding Organizer dan lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

Lintas Wedding – Portal informasi berita dan vendor wedding di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.