PESTA PERNIKAHAN TERMAHAL SEDUNIA PADA ABAD 21

Pernikahan termahal di Abad-21 ini terjadi di Negara Inggris dimana pernikahan pangeran Harry dengan Meghan Markle menjadi sorotan banyak media internasional pasalnya menjadi pernikahan termahal yang mengeluarkan budget sekitar USD 46 Juta atau sekitar Rp 651,64 Miliyar (kurs Rp 14.166 per dolar AS). Budget biaya pernikahan tersebut melampaui pernikahan pangeran william dan Kate Middleton pada tahun 2011 yang menghabiskan dana sekitar USD 34 Juta atau Rp 481,64 Miliar.

Dengan budget jika di rupiahkan menjadi miliyar ini memiliki banyak keperluan diantaranya seperti untuk hiasan bunga, baju pengantin, hidangan makanan dan minuman, kue pernikahan hingga biaya keamanan. Namun, biaya paling besar di akui oleh Pangeran Harry & Meghan di habiskan untuk keamanan dan gaun pengantin. Biaya keamanan yang sangat ketat sekitar USD 40 juta, sedangkan gaun pengantin Meghan diperkirakan menghabiskan biaya sekitar USD 515 ribu atau sekitar Rp 7,30 miliar.

Pada pernikahan pangeran Harry dan Meghan terdapat dekorasi dengan rangkaian bunga mawar putih yang mendominasi kapel gedung St George, Kasstil Windsor, Inggris. Bunga mawar putih ini merupakan faforit putri Diana yaitu Ibu dari Pangeran Harry. Dekorasi bunga mawar putih tersebut dirancang oleh Philippa Craddock.

Untuk acara hiburan yang berupa musik ini membayar degnan rrgn dan paduan suara yang tampil saat acara pernikahan serta seorang DJ dan band yang mengisi acara resepsi pernikahan pangeran Harry dan Meghan. Selain itu, terdapat terompet berlapis perak senilai USD 129 ribu, khusus untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Gaun pengantin Meghan Markle ini dirancang oleh Clare Waight Keller yang mana merupakan direktur artistik ruma mode Prancis, Givenchy. Meghan menggunakan gaun Givenchy berbahan putih dangan veil aksen bordir bunga. Rancangan gaun pengantin ini sekitar USD 515 ribu atau Rp 7,30 miliar. Selain itu, kue pernikahan yang merupakan tradisi dari kerajaan ini yaitu berupa kue buah untuk pengantin kerajaan namun keduanya memilih kue pernikahan dengan nama lemon elderflower (lemon elderflower cake). Kue yang dipesan ini dibuat langsung oleh pemilik Violet Bakery Claire Ptak. Membuat roti pernikahan tersebut membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk mengoven dan menghias kue lemon elderflower yang berlapis-lapis.

Dengan adanya tamu undangan yang kurang lebih 600 tamu di pesta royal wedding pangeran Harry dan Meghan Markle ini menghabiskan biaya sekitar USD 680 ribu atau Rp 9,63 miliar. Hidangan disajikan dengan canape dan mangkuk.  Selain itu terdapat undangan untuk 200 teman dekat dan keluarga yang menghadiri resepsi pada malam hari yang lebih tertutup dengan disajikan makanana organik yang dinikmati pada pukul 19.30-22.00 waktu setempat. Disini para tamu disajikan dengan koktail khusus yang disebut “When Harry Met Meghan’ di sajikan dari jahe dan rum.

Adanya tenda kaca pada acara ini seharga USD 400 ribu atau Rp 5,67 miliar disini dibangun tenda kaca yang mahal untuk acara resepsi malam. Tenda khusus ini seperti tenda kaca yang pernah digunaka saat acaara pernikahan adik dari Kate Middleton yaitu Pippa Middleton.

Pernikahan tersebut diselenggarakan pada tanggal Sabtu, 19 Mei 2018 yang berlangsung di Gereja St George’s Chapel, Windsor. Pada pukul 1 siang setelah kebaktian pasangan ini melakukan perjalanan di sekitar Wwindsor dengan menggunakan kereta kuda dan memberikan kesempatan untuk anggota masyarakat sehingga dapat melihat mereka dan bergabung dengan perayaan. Sungguh persta pernikahan yang luar biasa di abad 21 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.