HOBI MAKE UP BISA JADI BISNIS MENJANJIKAN

Hobi yang dapat dimanfaatkan dengan baik tentunya akan menghasilkan keuntungan tersendiri. Manfaat yang diperoleh dari hobi yang kita tekuni juga mampu memberikan kita pundi-pundi keuntungan. Salah satu hobi tersebut ialah hobi bermakeup. Hampir semua orang mengetahui dengan benar bahwa hobi bermakeup atau bersolek bisa menghasilkan keuntungan besar. Apabila Anda memiliki hobi dan keterampilan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lapangan kerja untuk Anda sendiri.

Make Up Artist atau yang lebih dikenal dengan MUA merupakan bisnis menjanjikan karena banyak digunakan pada acara-acara khusus. Salah satu tugas MUA yang paling terkenal adalah make up pengantin. MUA menjadi salah satu vendor yang paling dicari oleh calon mempelai wanita. Hal tersebut lumrah dilakukan mengingat bahwa konsep pernikahan yang mengusung kesempurnaan membutuhkan polesan wajah yang alami tapi mempesona. Profesi sebagai MUA juga terbilang sangat menjanjikan. Misalnya saja sekelas MUA yang terkenal akan mematok harga minimal 10 juta rupiah untuk sekali make up pada acara pernikahan.

Harga yang ditawarkan tersebut tentunya belum termasuk biaya akomodasi, transportasi dan konsumsi apabila MUA yang didatangkan berasal dari luar kota tempat tinggal. Untuk memulai bisnis MUA tentunya Anda perlu beberapa kiat atau langkah-langkah agar menjadi MUA yang sukses dan dicari oleh banyak kaum wanita. Berikut ini langkah-langkah yang ditempuh untuk menjadi MUA profesional meliputi:

  1. Jangan berhenti mengasah kemampuan

Kemampuan dan keterampilan sangat dibutuhkan oleh MUA untuk menghasilkan riasan yang bagus sesuai dengan permintaan. Untuk mendapat riasan yang mempunyai ciri khas, tentunya membutuhkan berbagai pelatihan yang harus dilakukan secara terus menerus. Selain itu, tidak boleh melupakan bahwa make up look yang dihasilkan bersifat dinamis, artinya MUA harus mengikuti perkembangan make up look yang sedang booming tanpa melupakan ciri khas.

  1. Persiapkan peralatan dengan bersih dan lengkap

Tidak dipungkiri peralatan beruppa alat make up menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Selain keterampilan MUA peralatan dibutuhkan untuk menciptakan riasan yang indah. Anda harus mempersiapkan beberapa kosmetik yang berkualitas sebagai salah satu senjata untuk merias. Kosmetik yang dipersiapkan tentu harus disesuaikan dengan tone kulit masing-masing konsumen gara menghasilkan look yang cocok dan hal yang tidak kalah penting harus menjaga kebersihan alat-alat make up dan kosmetik agar terkesan rapi didepan konsumen.

  1. Manfaatkan media sosial

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat Anda dapat menggunakan media sosial sebagai saluran promosi. Laman media sosial dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan profesi Anda dengan menyajikan beberapa hasil make up milik klien sebelumnya.

  1. Lebarkan relasi dengan Wedding Organizer

Mengandalkan media sosial saja tidaklah cukup. Anda harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, salah satunya pada wedding organizer. Cobalah bekerja sama dengan wedding organizer selain menambah jam terbang juga dapat memperluas relasi. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mencari konsumen. Anda cukup menunggu kabar dari pihak Wedding Organizer.

Memang bukanlah hal yang mudah menekuni bisnis MUA profesional, akan tetapi bila dijalankan mengikuti berbagai step dan saran tentu akan memberikan peluang besar. Keuntungan yang didapat bukanlah hal yang sedikit. Menaikkan citra diri sebagai MUA profesional merupakan PR yang harus diperhatikan setiap harinya. Selain itu, mengingat MUA sebagai profesi tentunya membutuhkan pengetahuan lain diluar keterampilan merias, salah satunya tentang kualitas pelayanan yang harus disuguhkan kepada konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.