MAKNA DIBALIK TATA CARA PERNIKAHAN BERKONSEP ADAT JAWA

Penikahan merupakan proses menyatukan dua keluarga menjadi keluarga yang lebih besar. Pernikahan yang dilangsungkan atas kehendak sendiri tentu tidak dilihat berdasarkan suku, ras dan budaya. ProsesiPernikahan juga dikenal sebagai salah satu pernak-pernik yang unik, artinya prosesi pernikahan memiliki makna tersendiri untuk dilaksanakan. Salah satu prosesi pernikahan yang cukup terkenal ialah prosesi pernikahan dengan konsep adat Jawa. Prosesi pernikahan dengan adat Jawa tentu memiliki berbagai makna yang unik apabila diresapi dengan seksama. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa prosesi atau tahapan yang dilakukan saat melakukan prosesi pernikahan adat jawa.

  1. Lamaran

Tahap paling utama dalam prosesi pernikahan pada adat Jawa yaitu prosesi lamaran. Umumnya M

mempelai pengantin laki-laki mendatangi kediaman keluarga mempelai perempuan. Sembari mengutarakan maksud untuk meminang, keluarga laki-laki membawa seserahan atau yang sering diartikan sebagai barang-barang yang mempunyai makna tersendiri seperti cincin, makanan tradisional dan lainnya.

  1. Siraman

Ritual selanjutnya yang biasa dilakukan yaitu siraman. Diselenggarakan sebelum proses akad nikah. Proses siraman biasanya dilakukan sehari sebelum akad nikah dilangsungkan. Siraman dilaksanakan dikediaman mempelai wanita dengan memohon doa restu kepada kedua orangtua, kemudian pengantin laki-laki dan perempuan duduk di tikar pandan dan disiram oleh pinisepuh, yaknik akni orang yang ‘dituakan’ dan orang lain yang telah ditunjuk. Terakhir, calon pengantin disiram air kendi oleh ibu bapaknya.

  1. Paes Ageng

Acara paes ageng dilakukan di kamar calon pengantin perempuan. Bukan hanya oleh si calon mempelai saja, tapi upacara ini diikuti juga oleh ibu calon mempelai, dan beberapa ibu-ibu sepuh lainnya. Yang dimaksud dengan ngerik ialah mengerik atau menghilangkan rambut-rambut halus di wajah calon mempelai perempuan agar nampak bersih dan wajahnya jadi bercahaya.

  1. Dodol Dawet

Acara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dodolan dawet. penjualan dawet dilakukan oleh ibu calon penganting wanita dan dpayungi oleh ayah calon mempelai perempuan. Sedangkan untuk pembelinya diperankan oleh para tamu yang hadir saat siraman. Untuk melakukan pembelian tamu diberiakan koin dari pecaha genteng. Prosesi ini memiliki makna agar upacara pernikahan yang nanti akan digelar dikunjungi banyak tamu.

  1. Midodareni

Midodareni merupakan kata yang berasal dari Jawa widodari dalam bahasa Indonesia artinya bidadari. Prosesi dilangsungkan saat malam hari setelah acara siraman. Pada malam midodareni ini, keluarga calon mempelai pria berkunjung ke rumah calon mempelai perempuan untuk mempererat tali silaturahmi. Makna dari acara midodareni sendiri agar menjadikan mempelai perempuan secantik Dewi Widodari.

  1. Upacara Panggih

Upacara panggih merupakan salah satu upacara yang selalu dilakukan seluruh pengantin Jawa. Pada prosesi tersebut rombongan mempelai laki-laki menunggu didepan gerbang dengan dua kembar mayang laki-laki. Salah satunya membawa sanggan yang dibungkus daun pisang dan ditaruh di atas nampan. Sanggan diserahkan kepada ibu mempelai perempuan. Sedangkan kembar mayang dibawa keluar area rumah dan dibuang ke jalan di dekatnya, dengan maksud agar upacara pernikahan selalu berjalan lancar tanpa gangguan.

  1. Balangan Suruh

Acara di mana pengantin wanita di temukan oleh pengantin laki-laki dan saling berdekatan dengan jarak sekitar 3 meter dan saling melempar sebundel daun betel dengan jeruk di dalamnya dengan benang putih. Acara ini dimaknai agar terhindar dari gangguan buruk dalam hubungan pernikahan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.