Bingung Ingin Memiliih Menggunakan Pernikahan Syar’i Atau Pernikahan Adat? Inilah Beberapa Perbedaannya!

51405675_258355435061986_4871295401331801628_n

Membuat pernikahan yang istimewa dan sesuai keinginan adalah impian setiap orang yang akan menikah. Meski konsep penikahan mewah dengan gaya internasional kini semakin digemari oleh calon pengantin.

Tapi banyak juga yang masih menginginkan membuat pernikahan yang sederhana sesuai dengan syariat Islam.Bagi umat muslim, pesta pernikahan sudah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan apa yang di perintahkan oleh Allah SWT.
Pernikahan yang sesuai dengan syariat islam ini biasanya disebutjuga dengan penikahan syari. Lalu apa saja perbedaan pernikahan syari dengan pernikahan adat?

Perbedaan yang pertama pastinya dapat dilihat pada prosesi akad nikah. Pada pernikahan adat biasanya sudah lumrah jika mempelai wanita berada di samping mempelai lelaki pada saat mempelai laki-laki mengucapkan janji setia di hadapan penghulu.

Tetapi pada pernikahan adat Jawa biasanya mempelai wanita juga tidak berada di samping mempelai lelaki. Karena biasanya mempelai wanita sedang menjalankan prosesi dipingit.

Namun di pernikahan syari, si pengantin wanita tidak boleh dilihatkan di depan umum sebelum sah menjadi suami istri. Bahkan ada juga yang memilih pengantin wanita nya tidak ditunjukkan sama sekali di hadapan tamu laki-laki.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga si pengantin wanita yang sedang tampil All Out dengan makeup yang berbeda dari biasanya agar hanya bisa dilihat oleh mukhirmnya saja.

Jika pada resepsi pernikahan adat para tamu biasanya bersalaman dengan pengantin yang berbahagia dan memberikan selamat, hal ini tidak berlaku pada penikahan syari. Memang para tamu tetap bersalaman dengan pengantin, tapi sesuai dengan mukhrim nya.

Pada pernikahan syari juga biasanya disediakan tempat yang terpisah antara tamu laki-laki dan tamu perempuan. Hal ini karena biasanya kalu datang pada pernikhan tamu akan memakai baju dan makeup yang terbaik. Hal itu bisa jadi menyulitkan laki-laki untuk menundukkan pandangan dan wanita bisa jadi sumber fitnah bagi laki-laki.

Hal lain yang membedakan tentunya dari makanan nya. Pada paket pernikahan syari di Surabaya sudah pasti makanan yang di sajikan adalah halal dan juga menyembelih nya sesuai dengan syariat. Terkadang juga tempat makan untuk tamu laki-laki dan perempuan juga dipisah. Maksudnya agar si pemilik hajat bisa menyediakan makanan terbaik dan cukup untuk jumlah tamu undangan.

Jika pada pernikahan adat biasanya menggunakan konsep makan dengan berdiri. Namun pada pernikahan syari biasanya sangat tidak dianjurkan adanya standing party. Biasanya akan disediakan kursi yang cukup dengan jumlah tamu yang hadir. Sesuai sunnah Rasulullah, makan dan minum sebaiknya dilakukan sambil duduk.

Hal lain yang membedakan antara pernikahan adat dan pernikahan syari adalah pemutaran musik. Pada pernikahan adat biasanya akan ada pemutaran musik atau lagu-lagu tradisional. Pada pernikahan biasa pasti akan terdapat hiburan seperti band, penyanyi dan lagu- lagu yang di putar dengan volume yang termasuk keras.

Namun berbeda dengan perikahan syari tujuan utamanya adalah memanjakan tamu. Jadi biasanya tidak disuguhi musik sama sekali, atau jika igin di suguhi musik maka akan diputarkan musik-musik islami tentunya dengan volume yang kecil.

Perbedaan Catering Pernikahan Syar’i

51149444_386149075275097_1799437607432223126_n

Dalam pernikahan syar’i juga memiliki perbedaan dalam konsep catering prasmanannya. dalam pernikahan syar’i konsep prasmanan juga dibagi menjadi 2 sisi, yaitu sisi perempuan dan sisi laki-laki. dimana di masing-masing sisi mendapatkan hidangan prasmanan dan beverage nya. Dalam pernikahan syar’i biasanya konsep makan juga dengan duduk, jadi lebih disediakan kursi untuk tamu undangan agar bisa makan sambil duduk.

Berkah Catering adalah salah satu jasa catering di Surabaya yang melayani konsep catering pernikahan syar’i di Surabaya Sidoarjo. Sudah banyak konsep pernikahan syar’i yang dilangsungkan oleh berkah catering. Dengan konsep makanan yang halal berkah catering layak dicantumkan ke dalam daftar vendor pernikahan syar’i kalian

Itulah beberapa perbedaan antara penikahan syari dengan pernikahan adat.Terima Kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini dan telah mengunjungi website kami. Kami berharap, anda terus mengunjungi website kami dan membaca artikel-artikel lainya dari kamiuntuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi seputar Wedding Organizer di Surabaya dan lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu. Kami dari ‘Berkah Enterprise’ akan selalu memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.