New Normal, Protokol Kesehatan yang Harus Ditaati Vendor Pernikahan

Sebentar lagi kita akan menghadapi kehidupan new normal untuk menjaga produktivitas di tengah pandemi virus corona dengan tatanan yang baru. Anda sudah diperbolehkan melakukan hal-hal yang sifatnya mendesak namun dengan protokol yang sudah diberikan, seperti penyelenggaraan pernikahan.

Setelah sebelumnya sempat diberikan larangan untuk melakukan pesta pernikahan di tempat ibadah maupun pesta dengan skala besar demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19, kini calon pengantin sudah diperbolehkan untuk melakukan pernikahan di tempat ibadah kembali, tentu dengan aturan yang berlaku. Untuk itu, Anda sudah bisa memulai persiapan pernikahan kembali yang sempat tertunda karena pandemi dengan beberapa hal ini.

Perawatan tubuh
Jika Anda masih takut untuk melakukan perawatan tubuh di salon, Anda bisa memilih lebih merawat diri di rumah saja. Misalnya dengan membiasakan memakai masker wajah hingga badan, scrubbing, menggunakan skin care agar tubuh lebih terawat hingga memakan makanan-makanan yang baik bagi tubuh Anda agar tubuh lebih sehat jelang pernikahan.

Konsultasi psikologis pernikahan
Konsultasi psikologis sebelum menikah sangat diperlukan bagi calon pengantin. Pasalnya, calon pengantin akan memasuki kehidupan baru bersama pasangan. Supaya tidak terlalu kaget dengan perubahan kehidupan rumah tangga nantinya, Anda bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang.

Ingat, konsultasi pada orang yang tepat ya! Ahli akan memberitahukan apa-apa saja biasanya yang akan Anda alami di awal-awal pernikahan sebelum akhirnya terbiasa dengan kehidupan bersama pasangan. Anda juga akan diberitahu bagaimana cara menghadapi pasangan di saat-saat tertentu, dan masih banyak lagi informasi penting yang akan Anda dapatkan demi membuat rumah tangga selalu harmonis.

Cek kesehatan
Jika Ada memiliki rencana untuk langsung memiliki momongan setelah menikah, maka perlu untuk mengecek kesehatan secara menyeluruh baik Anda maupun pasangan. Pada pengecekan ini akan terlihat apakah Anda atau pasangan memiliki bibit penyakit yang akan mengganggu proses terbentuknya janin nantinya. Makanya, Anda harus melakukan cek kesehatan agar kalau terjadi sesuatu hal yang bisa merugikan Anda, pasangan maupun anak nantinya, bisa segera ditangani sebelum pernikahan dilakukan.

Konsultasi finansial
Konsultasi finansial tak kalah penting dari konsultasi psikologis Anda. Kalau konsultasi psikologis dilakukan untuk mengetahui kesiapan menikah Anda secara psikis, maka konsultasi finansial direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengetahui kesiapan pernikahan Anda secara keuangan.

Banyak yang perlu Anda ketahui saat konsultasi finansial ini, misalnya bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak. Pun bagaimana menabung atau menyisihkan uang untuk investasi hari tua keluarga setelah sebelumnya Anda hanya bisa menabung untuk diri sendiri.

Konsultasi keagamaan
Pernikahan tak lepas dari aturan agama yang Anda anut. Misalnya saja pada agama Islam, menikah merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan setengah agama tersebut. Tentu agama juga mengatur jalan kehidupan berumah tangga Anda. Sebab itu, Anda perlu berkonsultasi pada yang mengerti mengenai hal ini untuk menuntun Anda ke pernikahan yang diridhoi oleh-Nya.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan menghadapi new normal pernikahan. Selain itu menurut beberapa artikel yang di telusuri oleh berkah group sebagai jasa wedding organizer di Surabaya dan catering Surabaya menganggap ada beberapa protokol kesehatan yang harus diaati oleh para pengusaha wedding di Indonesia, khususnya di Surabaya, apa saja itu? simak ulasannya berikut ini

Protokol Kesehatan Vendor Pernikahan

Menghadapi fase new normal yang segera tiba, Gabungan Perkumpulan Penyelenggara Pernikahan Indonesia (GP3I) telah merumuskan protokol keamanan dalam mengadakan acara resepsi pernikahan. Protokol new normal tersebut telah dirilis pada 2 Juni dan disepakati secara nasional.

Namun, Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (Aspendi) Jatim Sumitro menambahkan bahwa meski protokol sudah disepakati, ada sejumlah protokol lain yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Di Surabaya dan wilayah Jatim, dia menjelaskan akan menerapkan standing party seperti perayaan resepsi biasanya.

Hal tersebut diharapkan bisa menjadi solusi agar pesta tetap aman. Tidak hanya itu, dalam pengambilan makanan juga akan diterapkan batasan antrean seperti yang sudah diberlakukan di beberapa outlet makanan dan minuman. Hal itu bertujuan untuk menerapkan physical distancing bagi setiap tamu yang datang. Lalu apa saja protokol-protokol kesehatan yang harus disepakati oleh semua vendor pernikahan ? ini dia:

  • Dicek suhu tubuh sebelum masuk venue, baik tamu maupun WO.
  • Diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk venue.
  • Disediakan wastafel di area luar sebelum masuk vanue.
  • Pihak gedung maupun hotel wajib menyediakan ruang transit untuk mereka yang suhunya di atas normal.
  • Dekorasi dan meja disemprot disinfektan sebelum makanan ditata.
  • Disediakan hand sanitizer di setiap ujung ruangan pesta.
  • Disarankan untuk mengundang tamu 50 persen dari kapasitas gedung.
  • Desain pelaminan dibuat berundak untuk keperluan foto bersama di atas pelaminan.
  • Digital guest book dengan barcode.
  • Tamu disambut dengan video ucapan selamat datang daripada dengan interaksi langsung.

Itukah beberapa protokol kesehatan yang harus ditaati oleh semua vendor pernikahan, tidak terkecuali berkah group yang menwarkan paket pernikahan Surabaya lengkap dengan jasa wedding organizernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.